-->

Eksplorasi Wisata Gunungkidul dengan Motor Listrik Ramah Lingkungan


23 February 2019


Eksplorasi Wisata Gunungkidul dengan Motor Listrik Ramah Lingkungan

GUNUNGKIDUL - Event Java Road Trip kembali menyapa masyarakat. Setelah sukses di event I di Pandeglang Banten kemudian dilanjutkan event II di Pasuruan Jawa Timur, Java Road Trip (JRT) III hadir menyapa masyarakat Gunungkidul DIY Sabtu (23/2/2019) pagi.

Event yang digelar KORAN SINDO dan SINDOnews ini disambut baik oleh Bupati Gunungkidul Badingah SSos. Touring sepeda motor listrik inipun diikuti oleh jajaran pejabat Pemkab Gunungkidul, CEO Koran SINDO dan SINDOnews.com Sururi Alfaruq berikut jajarannya serta puluhan peserta dari berbagai komunitas motor di DIY.

Ajang ini digelar untuk mengeksplorasi potensi wisata Gunungkidul dengan mengendarai motor listrik Viar Q1 melewati rute sepanjang 60-70 kilometer dari Pendopo Sewokoprojo Kabupaten Gunungkidul menuju sejumlah tempat wisata menarik di Gunungkidul.

"Atas nama Pemkab Gunungkidul, kami menyambut baik Java Road Trip yang digelar Koran SINDO dan SINDOnews.com ini dalam rangka mempromosikan wisata di Gunungkidul yang sangat elok dan beragam ini. Terimakasih Koran Sindo dan Sindonews.com," ujar Bupati Gunungkidul Badingah di bangsal Sewokoprojo, Sabtu (23/2/2019).

Badingah menyebut pada akhir-akhir ini perkembangan pariwisata di Gunungkidul sungguh luar biasa. Hal ini didukung sumber daya alam Gunungkidul yang sangat luas, mulai dari wisata pantai, gunung api purba, hutan, gua, hingga sungai bawah tanah dan berbagai keelokan wisata lainnya.

"Setelah pariwisata kita ini berkembang, kita sangat bersyukur karena terjadi pertembuhan ekonomi di Gunungkidul yang meningkat pesat. Hal ini paralel dengan angka kemiskinan yang terus turun sebagai dampak positif dari perkembangan pariwisata di Gunungkidul. PAD kita juga ikut meningkat," tambahnya.

Perkembangan pariwisata juga memberikan multiplier effect yang sangat luar biasa. "Kunjungan wisata di Gunungkidul mencapai 3,5 juta wisatawan. Target tahun ini 3,7 juta," terangnya.

Event Java Trip di Gunungkidul mengunjungi sejumlah objek wisata di Gunungkidul. "Semestinya pemerintah pusat mempromosikan wisata daerah termasuk di Gunungkidul ini dengan lebih baik lagi, karena potensinya yang sangat luar biasa dan beragam," harap CEO Koran SINDO dan SINDOnews.com Sururi Alfaruq.

Selain mempromosikan wisata, event ini juga mengampanyekan sepeda motor listrik ramah lingkungan Viar Q1. Motor bertenaga listrik ini mampu menempuh jarak 50-60 kilometer sekali cas selama 4-5 jam, dengan kecepatan motor 40-60 kilometer perjam.

"Motor ini secara ekonomis sangat hemat. Kita hanya butuh biaya kira-kira Rp3.000 sekali cas untuk jarak 60 kilometer. Sementara untuk motor BBM mungkin bisa mencapi Rp11.000 an dengan jarak tempuh yang sama. Karena menggunakan tenaga listrik baterai, maka motor ini tetap hidup meski kebanjiran," terang General Manajer Viar Kharisma Yogya Ayu Maharani.


Source :
https://jateng.sindonews.com/read/2046/1/eksplorasi-wisata-gunungkidul-dengan-motor-listrik-ramah-lingkungan-1550887333

Share to :