-->

Motor Listrik Jadi Kendaraan Operasional Pemprov DKI


13 December 2018


Motor Listrik Jadi Kendaraan Operasional Pemprov DKI

Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kian fokus dalam mengakselerasi penggunaan kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan. Sebagai buktinya Pemprov DKI mulai menyerahkan 50 motor listrik untuk kendaraan operasional Taman Margasatwa Ragunan, Monumen Nasional (Monas), dan Dinas Teknis Jati Baru.

Proses seremoni penyerahan motor listrik dilakukan di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Kamis (13/12) pagi, dan dihadiri oleh Sekretariat Daerah Provinsi DKI Jakarta, direksi PT Paiton Energy, dan PT Viar Motor Indonesia.

Sebanyak 50 motor listrik disebar di tiga tempat dengan rincian 20 unit dioperasikan di Ragunan, 20 unit di Monas, 10 unit di Jatibaru.


"Ini adalah langkah awal yang besar bagi Indonesia dengan menyebarkan 50 motor listrik Viar Q1 ke sejumlah tempat untuk digunakan sebagai kendaraan operasional. Ke depan diharapkan orang-orang umum mulai tertarik menggunakan ini guna bumi yang lebih baik," kata Asisten Deputi Gubernur Bidang Transportasi Setda DKI Sunardi Sinaga kepada media.

Menurut Sunardi, tingginya mobilitas masyarakat di kota-kota besar dan juga tingginya kebutuhan akan sarana penunjang aktivitas masyarakat membuat beberapa perusahaan yang tidak hanya bergerak di bidang transportasi berlomba-lomba menghadirkan layanan yang berbeda dibandingkan yang lain.

Dari perusahaan non transportasi yang tertarik salah satunya PT Paiton Energy yang membawa ke-50 unit motor ramah lingkungan tersebut sebagai program corporate social responsibility (CSR) untuk Pemprov DKI Jakarta.

Selain kendaraan roda dua ramah lingkungan, perusahaan listrik itu juga menyediakan dua stasiun pengisian listrik bertenaga surya dan tiga stasiun pengisian listrik (di Taman Margasatwa Ragunan).

"Di luar negeri itu sudah mulai pakai kendaraan listrik. Di Indonesia cenderung lama karena pelaksanaannya yang kurang seperti terbatasnya infrastruktur. Saya harap dengan hal ini, penggunaan kendaraan listrik dapat lebih berkembang. Ini menarik sih tadi sudah sempat saya coba," ucap Sunardi.

Garansi Selama 3 Tahun

Viar Q1 menjadi motor listrik legal pertama di Indonesia. Pihak Viar Motor Indonesia memberikan masa garansi selama tiga tahun untuk motor listrik Viar Q1. Artinya, pengguna jangan ragukan soal kemampuan Viar Q1.

Garansi ini hanya berlaku untuk motor Q1 yang dirawat secara teratur di bengkel resmi Viar sesuai ketentuan dalam buku servis.

Kuda besi ini mengadopsi baterai jenis Lithium-ion maintenance free dengan spesifikasi 60v20AH, dengan estimasi umur 600-800 siklus pengisian, kapasitas maksimumnya adalah 2 kWh, dengan estimasi pengisian penuh sekitar 6 jam pada tegangan 220 volt. (mik)

Source :
https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20181213122930-384-353358/motor-listrik-jadi-kendaraan-operasional-pemprov-dki

Share to :